Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom



Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom - Apa kabar yukimalu.blogspot.com, Seomaga Anda semua dalam keadaan sehat, Postingan artikel saya kali ini membahas tentang Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom, Dengan mengunjungi blog ini semoga sobat semua mendapatkan informasi yang sobat cari dan tentunya bermanfaat. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pelajaran, yang saya berikan ini dapat sobat pahami. SELAMAT MEMBACA!!!.

Judul : Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom
URL : Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom

Baca juga


Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom

KELASIFIKASI KINGDOM

A. Kingdom Archaebacteria dan Eubacteria
Archaebacteria
Pada Kelompok ini adalah sekumpulan Makhluk hidup yang tidak bisa di lihat dengan mata biasa, melainkan harus menggunakan Mikroskop, Makhluk ini tidak memiliki membran inti dan juga merupakan makhluk bersel satu.

Walaupun memiliki ukuran mikroskopik akan tetapi makhluk ini  mengambil perant penting dalam hidup manusia dan makhluk lainnya dimana makhluk yang kita kenal sebagai bakteri, selain memberikan kerugian seperti bakteri Salmonella typhi yang mampu menghadirkan penyakit tifus dan juga memberikan manfaat yaitu sebagai dekomposer dimana dekomposer ini mampu memecah senyawa organik sehingga mempertahankan siklus unsur-unsur yang diperlukan makhluk hidup. Adanya dekomposer maka unsur karbon, fosfor, nitrogen dan lainnya akan tetap ada dalam jasad makhluk hidup yang sudah mati sehingga tidak dapat digunakan oleh makhluk hidup, Oleh karenanya betapa Bersyukurnya kita bahwasanya di ciptakan nya bakteri di Dunia ini.

B. Kingdom Protista
Protista
Pada Kingdom ini adalah sekelompok yang bersel satu atau bersel banyak yang mempunyai memberan inti(eukaroit) dan selnya tidak berbentuk jaringan sebenarnya. ingat ini, jika sebelumnya kingdom Archaebacteria dan Eubacteria tidak memiliki sel ini maka ini sebaliknya, Protista bisa dikelompokkan lagi menjadi protista menyerupai jamur, protista menyerupai tumbuhan (Algae/ganggang), dan protista menyerupai hewan (protozoa). Anggota protista banyak yang dapat menimbulkan penyakit bagi manusia maupun makhluk hidup lain, misalnya plasmodium yang menyebabkan malaria.

Namun, banyak pula anggota kingdom protista yang bermanfaat bagi manusia, misalnya ganggang hijau Chlorella yang dapat digunakan sebagai makanan suplemen bergizi tinggi dan ganggang diatom yang dapat digunakan sebagai bahan penggosok dan campuran semen. Oleh karena itu tidaklah semua Kingdom Protista Merugikan manusia, karena masih banyak dari anggota Protista yang bermanfaat Untuk Manusia.

C. Kingdom Fungi
Kingdom fungi
Kingdom Fungi adalah untuk sebutan Jamur yang mana kelompok Makhluk hidup eukaroit yang memiliki dinding sel dan tidak berkerolofil tentu saja hal ini membuatnya tidak mampu untuk melakukan fotosintesis.

Pada jamur juga terdapat berbagai jenisnya, Ada jamur yang niseluler(bersel satu) yang di kenal dengan Khamir sementara itu ada pula Jamur Multiseluler(bersel banyak) Jamur multiseluler ini tersusun atas filamen yang menyerupai benang, yang mana ini disebut dengan hifa.

Hifa berfungsi menyerap nutrisi dari substrat tempat jamur tersebut tumbuh. Hifa-hifa jamur akan bercabang dan membentuk jalinan yang disebut miselium. Pada beberapa jamur, miselium akan tumbuh ke atas membentuk badan buah. Badan buah inilah yang biasanya dimakan manusia.

D. Kingdom Plantae
Kingdom Plantae
Pada kelompok ini hidup eukariot yang memiliki sel banyak, memiliki dinding sel dan juga berkelorofil tentu saja merekaakan dapat melakukan fotosintesis dengan baik. Kerajaan ini dapat kita kelompokkan menjadi Dua bagian, yakni Tumbuhan nonvaskular (tidak berpembuluh) dan tumbuhan vaskular (berpembuluh). Contoh Untuk Tumbuhan nonvaskular, yaitu lumut, Karena tidak memiliki pembuluh untuk transpor nutrisi, air, dan mineral dari tanah ke seluruh tubuh. Sebaliknya tumbuhan vaskula telah memiliki jaringan yang terspesialisasi lagi menjadi tumbuhan tidak berbiji, yaitu paku-pakuan dan tumbuhan berbiji. Tumbuhan berbiji terbuka disebut Gymnospermae sedangkan tumbuhan berbiji tertutup disebut Angiospermae.

E. Kingdom Animalia
Kingdom Animalia
Seperti halnya kingdom Plantae, kingdomg Animalia juga merupakan kelompok makhluk hidup eukariot yang bersel banyak akan tetapi tidak tidak berdiinding sel, dan tidak berklorofil yang tentu saja tidak dapat berfotosintesis. Hewan tentu saja memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia, terutama untuk sumber makanan manusia sehari-hari. Berdasarkan ada tidaknya tulang belakang, kingdom animalia dibedakan menjadi kelompok vertebrata (bertulang belakang) dan invertebrata (tidak bertulang belakang).


Adapun kelompok vertebrata yaitu Chondrichtyes, Osteichthyes, Amphibia, Reptilia, Aves dan Mammalia. Kemudian untuk kelompok invertebrata yaitu Porifera, Cnidaria, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthrpoda dan Echinodermata. Kesemua itu InysaAllah akan coba saya bahas secara detail satu persatu, di artikel berikutnya.


Nah itulah artikel saya tentang Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom

OK sekian dulu artikel saya Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom kali ini, semoga bisa memberikan wawasan untuk Anda semua. Sampai jumpa di postingan artikel saya selanjutnya.

Sobat sedang membaca artikel Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom dengan alamat URL https://yukimalu.blogspot.com/2019/11/klasifikasi-dan-ciri-ciri-kingdom.html

0 Response to "Klasifikasi Dan Ciri Ciri Kingdom"

Post a Comment

histats